UPSTREAM 2017 - Introducing the Basic Of Petroleum Engineering - Kisah Mahasiswa Teknik Perminyakan

Breaking

Minggu, 13 Agustus 2017

UPSTREAM 2017 - Introducing the Basic Of Petroleum Engineering


Hello Fellas!
Seneng banget gue bisa nulis, dan sekarang gue kek lagi ngebut nulis gitu dan yaaa kayak jadi hobby sih. Dan jujur aja gue seneng banget kalo bisa saling berbagi sama orang lain apalagi tentang pengalaman positif dan pengetahuan, kalian seneng banget kan kalo bisa memotivasi orang haha

Yasudahhh....
Gue sekarang mau cerita tentang Campus Life sekaligus Kisah Diri gue. Pada bulan Mei yang lalu gue dan beberapa orang terpilih dari Prodi gue yaitu Teknik Perminyakan ditunjuk untuk menjadi sebuah panitia di acara bergengsi pada saat itu haha. yap namanya adalah UPSTREAM 2017. Jadi bagaimana awalnya terbentuknya event yang mantab ini? Yang pertama gue dan tim Upstream ini memulai dengan rapat harian rutin dengan membahas dengan matang yang mana tujuannya adalah mensukseskan acara ini guys, ya pastilah siapa sih yang nggamau acara prodi kebanggaannya sukses dan dikenal banyak orang. Kita melakukan rapat perdana pada bulan Mei awal gengs kita membahas sebenarnya acara ini akan membahas apa dan siapa sih targetnya, kemudian munculah hasil rapat setelah beberapa kali rapat yaitu acara ini berbasis Seminar dan Active Workshop yang sasarannya adalah anak-anak SMA, mengapa demikian? yaa karena selain untuk mengedukasi para peserta seminar workshop kita, sekaligus kita ingin promosi Universitas Pertamina kepada anak-anak SMA tersebut. dan kemudian pada rapat selanjutnya kita terus menggodok materi materi agar hasilnya sukses dan mantab. beberapa rapat berlalu kita dipanggil kaprodi kita untuk membahas sesuatu yang katanya surprise kata dia. Nah dan ternyata eng... ing.... eng.... kita akan kedatangan tamu dari Universiti Teknologi Petronas dan mereka ingin bekerja sama dengan event kita bossss. Gila kan wkwk kita juga awalnya ga percaya sih gimana ceritanya bisa begitu. dan yaudah lah kita setelah dikasih tau itu kita jadi rajin rapat untuk memaksimalkan hasilnya. jadi begini timeline kegiatan pre eventnya:

Tau sasaran target, dan bahasan UPSTREAM 2017 -> Rapat Konsep (Kedatangan tamu dari Universiti Teknologi Petronas) -> Rapat koordinasi dengan UTPetronas -> Rapat pembahasan Anggaran -> Rapat Fasilitas dan Lain Lain -> Approved semua -> Sebar Undangan ke SMA di Jakarta -> Rekrutmen LO untuk pendamping SMA dan pendamping pihak UTPetronas -> Rekap data peserta SMA -> Gladi Bersih -> D-DAY UPSTREAM 2017

Jadi apa sih yang dibahas di UPSTREAM 2017? Yang pertama adalah kita menyelenggarakan rangkaian seminar yang speakernya berasal dari Universiti Teknologi Petronas dan Pihak Universitas Pertamina setelah itu kita juga punya Active Workshop yang isinya adalah:

  • Oil Rig Design With Lego (Membuat Oil Rig secara lengkap dengan Lego)
  • Petro Quiz
  • Mix and Match (Soal Mencocokan hal hal yang ada di Dunia Migas)
  • Permeability and Porosity (Mengetahui tingkat porositas dan permeablitias dari suatu material)
Oiayaaa gue belum curhat tentang jabatan gue di kepanitian ini wkwk. Gue disini sebagai Public Relations dari acara ini dan sekaligus menjadi LO untuk SMA 38 Jakarta

Nahhhh ini adalah beberapa dokumentasi yang berhasil gue dapet (diurutkan sesuai susunan acara pada D-Day)

09.00 - Gue menjadi LO dari SMA 38 Jakarta, dan mereka adalah Siswa SMA 38 Jakarta

09.30 - Foto Bareng di Photobooth

09.45 - Beberapa SMA lain sudah ada yang di ruangan auditorium

10.15 - Pembukaan UPSTREAM 2017, dan Sambutan Rektor Universitas Pertamina (Prof. Akhmaloka Ph.D.)

10.30 Pemaparan Materi dari Dosen Universiti Teknologi Petronas bersama Dekan FTEP Universitas Pertamina

11.30 - Pemaparan Materi dari Dosen Universiti Teknologi Petronas bersama Dekan FTEP Universitas Pertamina

11.45 - Siswa SMA mengerjakan Petro Quiz

13.30 - Pembuatan Oil Rig menggunakan Lego

14.00 - Pembuatan Oil Rig menggunakan Lego

15.00 - Presentasi Oil Rig Oleh Masing Masing SMA

15.15 - Penilaian Oil Rig oleh Dosen Universiti Teknologi Petronas

16.00 - Praktek Permeability and Porosity dari sebuah material

17.00 - Mix and Match Quiz


Nahhhhh itu adalah beberapa foto foto keseruan yang ada di UPSTREAM 2017, Sebenernya masih banyak yang bisa diceritain dari UPSTREAM 2017 dan fotonya juga masih banyak karena udah capek ngetik wkwkw, dan udah longpost banget, jadi kayanya stop sampe sini aja deh. Intinya UPSTREAM 2017 Visinya adalah "Mengedukasi Siswa SMA Terhadap duni Migas" nah misinya dari si kegiatan UPSTREAM ini. 

Jadiii jika kalian masih pengen liat keseruan yang lain, bisa kontak gue ke sosial media gue di Hapbw tanya aja gimana detailnya upstream ini, dan mungkin mau liat foto fotonya wkwk. 

Cukup Sekian gengs
Byeeeee guyss!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar