Apasih itu SPE? - Kisah Mahasiswa Teknik Perminyakan

Breaking

Minggu, 13 Agustus 2017

Apasih itu SPE?


Nah tadi sebelum post ini kan kita sudah tau dari visi misi, dan arti lambang dari IATMI sendiri, nah sekarang gue akan membahas tentang apa sih itu sebernanya SPE. apakah SPE dan IATMI itu sama? nah mari kita ulas guys!

Apa Itu SPE?
SPE adalah sebuah akronim untuk Society of Petroleum Engineer, nah SPE ini adalah organisasi non-profit yang bergerak di bidang industri migas. Nah organisasi ini adalah wadah bagi para profesional, expertis, mahasiswa yang berasal dari Teknik Perminyakan atau sejenisnya yang misinya  mengumpulkan, menyebarkan, dan menukar pengetahuan teknis mengenai eksplorasi, pengembangan dan produksi sumber daya minyak dan gas bumi dan teknologi terkait untuk keuntungan publik dan untuk Memberikan kesempatan bagi para profesional untuk meningkatkan kompetensi teknis dan profesional mereka.

Nah, SPE ini juga menyediakan program forum global untuk eksplorasi dan produksi migas (E&P) yang mana gunanya untuk pertukaran pengetahuan teknis dan rumah profesional untuk lebih dari 165.000 Engineer, Ilmuwan, Researcer, Pendidik, Mahasiswa. Dan SPE juga punya perpustakaan teknis gengs yang isinya kurang lebih 200.000an makalah teknis, produk konferensi, majalah SPE yang tersedia untuk seluruh elemen industri. SPE sendiri memiliki kantor di berbagai belahan negara. namun untuk kantor pusat berada di Dallas, Houston, Calgarly, London, Dubai, Moscow, Kuala Lumpur.

Sejarah SPE
Sejarah SPE dimulai dengan baik sebelum berdirinya. Selama dekade setelah penemuan lapangan Spindletop tahun 1901, American Institute of Mining Engineers (AIME) melihat adanya kebutuhan akan sebuah forum di bidang teknik perminyakan yang sedang booming. Akibatnya, AIME membentuk komite berdiri mengenai minyak dan gas pada tahun 1913. Pada tahun 1922, panitia diperluas menjadi salah satu dari 10 divisi profesional AIME. Divisi Petroleum AIME terus berkembang selama tiga dekade ke depan. Pada tahun 1950, Divisi Minyak Bumi telah menjadi satu dari tiga cabang AIME yang terpisah, dan pada tahun 1957, Cabang Perminyakan AIME diperluas sekali lagi untuk membentuk masyarakat profesional. Rapat Direksi SPE yang pertama diadakan 6 Oktober 1957, yang menjadikan tahun 2007 merupakan tahun peringatan 50 tahun bagi SPE sebagai masyarakat profesional.

Begitulah kurang lebihnya tentang SPE, apabila ada salah salah kata mohon dikoreksi ya kawan
Terimakasih Telah Membacaaaaaa

Referensi:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Society_of_Petroleum_Engineers
  2. https://commonmedia.asicentral.com/1650000/1652374/SPE_Standard_Logo_Blue.png


Tidak ada komentar:

Posting Komentar