Apasih itu IATMI? - Kisah Mahasiswa Teknik Perminyakan

Breaking

Minggu, 13 Agustus 2017

Apasih itu IATMI?




Haii Fellas!
Mumpung gue lagi gabut nih gue mau share tentang sebuah organisasi nih guyss, nah organisasi ini berkaitan dengan jurusan gue yaitu Teknik Perminyakan nih. jadi di dalam Teknik Perminyakan khususnya mahasiswanya dan fresh graduatenya memiliki 2 organisasi keprofesian yang sangat terkenal yaitu IATMI dan SPE. sebenernya 2 organisasi ini beda region guys kalo IATMI lebih ke Indonesia sendiri, kalo SPE itu global jadi di Universitas luar negeri pakenya SPE guys.

Jadi apa itu IATMI?

Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) merupakan organisasi sosial non profit, didirikan di Jakarta pada 7 Juni 1979 oleh sekelompok professional Indonesia yang bekerja di bidang industri perminyakan dan geothermal.  Pada saat ini IATMI memiliki lebih dari 6000 anggota tersebar di seluruh Indonesia dan 12 negara di seluruh dunia.
Kegiatan utama IATMI adalah mengembangkan profesionalisme di kalangan ahli teknik minyak bumi & gas bumi Indonesia  melalui Simposium Nasional dan Internasional, berbagai Seminar, Talks Show, kursus-kursus, mendatangkan pengajar terkemuka ke Perguruan Tinggi, melalui aktivitas sosial seperti sumbangan bencana alam, sumbangan ke Yayasan Yatim Piatu, turnamen golf, tenis, dan juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang berprestasi.
Pada 1997, IATMI mendirikan Yayasan IATMI yang memfokuskan pada kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk umum.
Pada 2005, IATMI mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (LSP-IATMI), yang memfokuskan pada penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi profesi dalam bidang industri minyak bumi & gas bumi.

Visi:
Terwujudnya IATMI SMUI sebagai lembaga yang SEHAT, PROFESIONAL, dan BERKUALITAS.

Misi:
Membina hubungan baik antara elemen-elemen IATMI SMUI dan pihak-pihak terkait.
Mengoptimalkan kinerja dan hasil kerja lembaga.
Membekali anggota dengan ilmu pengetahuan kemigasan.

Nah...... FYI nih guys logo IATMI ini punya arti yang mendalam loh guys

  • Bentuk Tetesan = Menggambarkan Bentuk Fluida / Hydrocarbon yang Sedang Menetes berwarna kuning emas, cokelat, biru dan putih yang memberikan arti, Hydrocarbon dari yang berat, ringan , dan gas
  • Bola Dunia = Menggambarkan dunia ditopang oleh energi dari Hydrocarbon untuk menghidupinya dan didalamnya ada peta Indonesia yang mengkhususkan bahwa  anggota SM IATMI bergerak dikawasan Indonesia, Lima buah garis yang melintangi Indonesia mneggambarkan lima sila dari pancasila sebagai pemersatu Indonesia dan sebagai asas keorganisasian SM IATMI
  • Garis Coklat = Merupakan ikatan yang kompak dari seluruh anggota SM IATMI dalam melaksanakan tugasnya didalam kegiatan perminyakan INDONESIA demi kelagsungan pembangunan menuju tahap tinggal landas
  • Dasar Putih =  Memberikan arti  ketulusan hati dari seluruh anggota SM IATMI untuk terjun dalam dunia perminyakan 


Nahhh....
begitulah kira kira tentang IATMI itu sendiri seperti yang sudah dijelaskan di atas guys, jadi sekarang sudah ga bingung lagi kan apa sih itu IATMI, FYI guys IATMI ini ada dimana mana guys di beberapa PTN dan PTS di Indonesia.

Referensi Sumber:

  1. http://www.che.ui.ac.id/en/student-alumni/student/iatmi-smui
  2. http://iatmi.synthasite.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar